MIT App Invertor For Android Apps

MIT App Invertor For Android Apps

 

            Seiring dengan berkembangnya bidang ilmu komunikasi, semakin banyak diciptakannya perangkat-perangkat yang memudahkan kita dalam menjalankan suatu komunikasi. Contohnya seperti Android, siapa yang tidak kenal dengan Android? Sebagian besar rakyat di Indonesia  telah menggunakan operasi Android untuk kepentingan yang bermacam-macam. Karena kebutuhan yang bermacam-macam pula dibuat beberapa program untuk menunjang kebutuhan tersebut.

            Dalam membuat program-program Android, hal yang perlu disiapkan adalah memilih  Tools yang disesuaikan dengan kebutuhan kita. Terdapat berbagai macam Tools seperti Android Studio, NetBeans, eclips. Namun kali ini kita ingin mengetahui lebih dalam dengan salah satu Tools yaitu MIT App Invertor for Android Apps.

            MIT App Invertormerupakan aplikasi inovatif yang dikembangan Google dan MIT untuk mengenalkan dan mengembangkan pemrograman android dengan mentrasformasikan bahasa pemrograman yang kompleks berbasis teks menjadi berbasis visual (drag and drop) berbentuk blok-blok. App Inventor ini menggunakan antarmuka grafis, serupa dengan antarmuka pengguna pada Scratch, yang memungkinkan pengguna men-drag-and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat Android. Begitupun dengan coding, kita tidak perlu menulis kode program yang amat sangat panjang, cukup dengan men-drag-and-drop seperti halnya menyusun puzzle.

            Berdasarkan gambar diatas, bagaimana kita bekerja dengan MIT App Inventor?

–     App Inventor Designer , di mana Anda memilih komponen untuk aplikasi Anda.

–     App Inventor Blok Editor , di mana Anda merakit blok program yang menentukan bagaimana komponen harus bersikap. Anda merakit program visual, seperti potongan-potongan teka-teki. Aplikasi Anda muncul di telepon langkah-demi-langkah ketika Anda menambahkan potongan untuk itu, sehingga Anda dapat menguji pekerjaan Anda sebagai Anda membangun. Ketika Anda selesai, Anda dapat membuat paket aplikasi Anda dan menghasilkan aplikasi yang berdiri sendiri untuk menginstal.

–     Jika Anda tidak memiliki ponsel Android, Anda dapat membangun aplikasi Anda menggunakan emulator Android , perangkat lunak yang berjalan pada komputer Anda dan berperilaku persis seperti telepon.

Apa Yang Bisa Kita Lakukan Dengan App Inventor?

Semua tergantung dari orientasi awal anda, anda ingin membuat aplikasi dengan tujuan apa

1.   Just for fun

Katakanlah anda memiliki Handset Android, atau baru memasang virtual handset android pada komputer anda, atau bahkan tidak sama sekali, app inventor akan bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan seperti halnya anda menyukai mengedit gambar, bermain puzzle, mengasah otak anda seperti mengisi TTS, atau belajar sebagai basis menguatkan kemampuan logika anda, semua terasa menyenangkan.

2.   Learning tool

Apapun profesi anda, entah seorang pelajar, mahasiswa, guru, dosen, teknisi, progamer atau anda hobi untuk mengotak-atik android, anda akan bisa menjadikan App Inventor sebagai tool belajar anda. Jika anda seorang guru atau dosen anda akan membuat app inventor menjadi alat pengajar yang hebat, karena visualisasi akan mempermudah siswa memahami dan menguasai apa yang anda ajarkan.

Sebagai contoh: anda dapat mempelajari logika kerja dari aplikasi dengan menerapkan susunan blok pada tool itu.

3.   Developer aplikasi

Jika anda seorang pengembang aplikasi android, mulai dari membuat prototype, aplikasi untuk kebutuhan pribadi dan organisasi, atau aplikasi serius yang bisa anda jual, apabila anda telah mencoba menggunakan App Inventor, anda akan merasakan betapa mudahnya, tentu disamping karena berbasis visual drag drops ini juga karena anda :

–     Tidak perlu menghafal dan mengingat instruksi atau kode-kode program

–     Komponen dan blok event tersedia dengan lengkap anda tinggal menggunakannya. Layaknya sebuah objek anda tinggal merangkainya dengan Komponen dan blok yang sesuai fungsinya, tinggal meletakkanya seperti puzzle tinggal merubah propertinya, misal memberikan nilai angka untuk mengeset timer dan lain-lain.

–     Event handler akan memudahkan anda dalam menangani setiap “kejadian” atau event yang anda ingin handle. Misal anda membuat sebuah aplikasi untuk menangani sms, dalam App Inventor anda tinggal mengambil drag and drops blok yang menangani event sms.

Membuat Projek Baru

1.       Buka http://appinventor.mit.edu/ di Browser (Rekomendasi menggunakan Browser Google Chrome karena ada beberapa script yang tidak support jika menggunakan Browser selain Google Chrome).

2.       Pilih “I Accept the Term of Services”

3.       Setelah itu akan tampil tampilan halaman utama yaitu My Project. My Project adalah halaman dimana halaman tersebut digunakan untuk me-manage Project kamu seperti membuat Project baru, Menghapus dan publish Project kamu ke Gallery App Inventor.

4.       Nah kalau mau membuat Project baru klik “Create new project”

5.       Isikan Nama Project kamu misalkan saja “HelloWorld”. Ini bukan Nama Aplikasi yang akan jadi APK loh ya. Untuk nama aplikasi nanti bisa di edit di “Design”. Nama Project hanya boleh di isi dengan karakter [A-Z][a-z][0-9][ _ ] tidak di perbolehkan menggunakan Special Character

6.       Project sudah siap untuk di custom sesuai yang anda inginkan

 

 

Tutorial Penggunaannya :

 

 

  Kelompok 2 :

1. Firnanda Etacho / D3 TT / D22

2. Muhammad Nur Hidayatullah Adzani / D4 TE / D22

3. Mochammad Fajar Sodiq / D3 TT / D22

4. Dio Dohansyah Williawarma / D3 TE / D22

 

 

 

Tags: No tags

Leave a Comment