Divisi Umum Workshop Elektro

Artikel Divisi Umum

Anggota :

Diki Jaya Sukma

Artdiena Izdihar Darin

 

Alfin Fernandha Pratama

Workshop Elektro Polinema merupakan salah satu komunitas di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) yang berdiri sejak 1995. Workshop Elektro, atau biasa disebut WS ini mempelajari dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang teknik elektro yang meliputi elektronika, telekomunikasi dan listrik. Selain itu di WS kita juga dapat belajar tentang cara berorganisasi dan tentunya juga menambah relasi.

            Workshop Elektro  terbagi atas  5 divisi, yaitu Divisi Mekatronika, Divisi Power Control, Divisi IT, Divisi Technopreneur, serta Divisi Umum. Masing- masing Divisi memilki peran sendiri- sendiri dalam Workshop Elektro. Untuk Divisi Mekatronika, kita dapat mempelajari mengenai elektronik, mekanik dan program. Sedangkan pada Divisi Power Control, kita bisa mempelajari mengenai otomasi dan power system. Yang ketiga Divisi IT, di sana kita mempelajari mengenai networking dan software. Kemudian, Divisi Technopreuner di sana kita akan mempelajari mengenai jasa dan produk, dapat diartikan jika kita dapat mengembangkan hasil yang kita pelajari untuk dijadikan suatu bisnis. Sedangkan, pada Divisi Umum memiliki tugas yaitu menaungi segala kebutuhan dari semua Divisi. Pada Divisi Umum dibagi lagi menjadi 2 subdivisi yaitu Subdiv Humas dan Subdiv Prasarana.

Subdiv Prasarana pada Divisi Umum memiliki tugas menyediakan peralatan, serta bertugas dalam perbaikan. Semua peralatan yang dibutuhkan semua Divisi akan disediakan oleh Subdiv ini. Selain kebutuhan semua divisi, Subdiv Prasarana juga menyediakan alat-alat yang dibutuhkan oleh rumah tangga WS. Sebagai contoh beberapa waktu lalu, saat diadakan pengecatan ulang ruang kesekretariatan WS, Subdiv Prasarana bertugas untuk menyediakan bebrapa alat yang dibutuhkan yaitu, cat, kuas, kaleng, dll. Di samping menyediakan alat, Subdiv Prasarana juga bertugas untuk memperbaiki alat-alat yang ada di WS.

Sedangkan untuk Subdiv Humas memiliki tugas mengenai Silaturahmi dan mengupdate mengenai informasi baik seminar maupun lainnya. Pada Subdiv ini bertugas untuk mencari informasi dari eksternal WS dan mempublikasikan informasi dari WS ke eksternal. Contoh mencari informasi dari eksternal adalah informasi sebuah lomba atau seminar yang diadakan organisasi atau institusi di luar WS. Sedangkan, contoh untuk mempublikasikan informasi dari WS ke luar adalah ketika WS mengadakan sebuah lomba atau seminar, maka Subdiv Humas bertugas untuk mempublikasikan informasi tersebut ke luar WS. Selain itu, Subdiv Humas juga bertanggung jawab untuk mencari sponsor untuk proker yang sedang dijalankan WS. Tugas yang berikutnya adalah menjalin silaturahim dengan Workshop Electro lain di institusi luar POLINEMA

Tags: No tags

Leave a Comment